Kamis, 17 November 2011

Elastisitas Terhadap Barang Elektronik


ELASTISITAS TERHADAP BARANG ELEKTRONIK


Di zaman modern seperti ini barang elektronik merupakan barang yang sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari dan bisa di bilang barang elektronik sulit untuk di lepaskan dalam kehidupan kita.
Alat yang canggih dan praktis sudah banyak bermunculan. Di bandingkan dengan zaman dahulu pada peradaban dunia yang masih serba terbatas, segala sesuatunya di kerjakan masih secara manual. Tetapi seiring waktu berjalan barang elektronik mengalami kemajuan yang sangat pesat, bahkan sekarang hampir segala sesuatunya dapat dikerjakan oleh mesin.

 Dengan barang elektronik kita akan lebih mudah untuk melakukan berbagai hal. Barang elektronik itu seperti yang kita ketahui banyak macamnya contohnya saja televisi, radio, kulkas, DVD, VCD, kipas angin, handphone, leptop, komputer dll.

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai elastisitas terhadap barang elektronik.
Barang elektronik termasuk barang elastis karena memiliki pengganti. Apabila barang – barang elektronik itu harganya mahal maka akan sedikit yang membeli tetapi jika barang- barang tersebut mengalami penurunan maka barang tersebut akan banyak yang membeli. Jadi permintaan terhadap barang tersebut dikatakan elastis di mana besarnya jumlah barang yang diminta sangat dipengaruhi oleh besar-kecilnya harga.

Contoh kasus:
Di kalangan keluarga pasti tidak akan lepas dari barang-barang elektronik. Dari sini saya akan menganbil contoh yaitu sebuah televisi.
Dari sebuah televisi kita dapat menambah informasi dan pengetahuan.
Contohnya saja seseorang yang sedang menonton tv, misalkan ia malihat acara berita atau acara yang lain dengan melihat acara tersebut maka wawasan dia akan semakin bertambah dan luas dibandingkan dri tempat pendidikan ( sekolah, kampus ).
Dalam ekonomi tv termasuk kebutuhan sekunder artinya kebutuan yang lumayan penting. Maka televisi dikatakan elastis karena besarnya jumlah barang yang diminta diperngaruhi oleh besar kecilnya harga.
Permintaan terhadap tv juga relatif banyak, dan harga tv saat ini juga sudah banyak yang murah.

Dan jenis elastis yang cocok untuk menggambarkan kasus tersebut adalah In Elastis. artinya perubahan harga diikuti jumlah permintaan dalam jumlah yang lebih besar.
Karena jika televisi murah maka permintaan terhadap barang tersebut akan jauh meningkat.
Sedangkan jika harga televisi tersebut mahal maka permintaan terhadap televisi akan menurun.
Permintaan terhadap tv juga relatif banyak, dan harga tv saat ini juga sudah banyak yang murah.

Dibawah ini adalah contoh kurva inelastis sempurna :




Saya menyimpulkan bahwa televisi termasuk jenis
In Elastis Sempurna (E = 0) artintya
Permintaan in elastis sempurna terjadi bilamana perubahan harga yang terjadi tidak ada pengaruhnya terhadap jumlah permintaan.
E = 0, artinya bahwa perubahan sama sekali tidak ada pengaruhnya terhadap jumlah permintaan.
Dengan demikian walupun harga mahal permintaan terhadap televisi tidak berkurang, karena konsumen cenderung membutuhkan televisi sebagai sarana hiburan dan pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar