BUS BERKAKI, DI
BAWAHNYA BISA DILEWATI KENDARAAN LAIN (The Chinese bus that solves traffic
jams by letting you drive UNDERNEATH it !)
-
-
Bus berkaki
ini bentuknya lebih mirip kereta api cepat,
tapi keistimewaan
bus ini tidak hanya terletak pada bentuknya yang mengular,
tapi juga kedua kakinya yang terbuka lebar
membentuk terowongan besar
di bawah badan bus
yang bisa diterobos oleh kendaran lain.
Bus cepat tiga
dimensi, atau 3D
Express Coach, ini adalah solusi yang diharapkan
dapat mengatasi
masalah kepadatan lalu lintas di
jalan-jalan Beijing.
-
Bus inovatif
ini memang khusus dirancang
untuk menyelesaikan masalah
sarana transportasi urban.
Selama ini para perencana transportasi perkotaan berusaha mencari cara
bagaimana mempercepat lalu lintas. Menambah
lebih banyak bus hanya akan menambah kemacetan, belum lagi polusinya. Tapi membangun
subway membutuhkan dana yang sangat besar dan perlu waktu bertahun-tahun untuk menggali
dan membuat terowongan.
-
Bus cepat 3D
ini adalah alternatif yang lebih murah,
lebih ramah lingkungan,
dan lebih cepat
jika dibandingkan dengan membuat subway dan memperbanyak bus. Sepintas bus selebar 6
meter ini mirip bus Transjakarta karena memiliki jalur
khusus dan halte
bus berbentuk panggung tinggi untuk memudahkan penumpang memasuki kendaraan. Bedanya, jalur
busway di Jakarta hanya dapat dilalui oleh Transjakarta,
sedangkan bus ekspres 3D tidak
memonopoli jalurnya, bahkan kendaraan
lain bisa
lewat di kolongnya.
-
Pertama kali dipamerkan
dalam Beijing International High-tech Expo ke-13,
Mei 2010 lalu, bus berbadan lebar ini akan diujicobakan di Distrik
Mentougou, Beijing, pertengahan tahun 2011 ini. Bus
yang diusulkan oleh Shenzhen Hashi Future Parking Equipment Co ini
terdiri atas 4 gerbong,
masing-masing sepanjang 10 meter, setinggi 4-4,5 meter dengan 2 level. Penumpang diangkut
pada level teratas
sedangkan level di bawahnya kosong dan dapat
dilewati kendaraan
lain yang tingginya di bawah 2 meter.
-
Bertenaga listrik
dan energi surya,
bus tersebut dapat melaju
hingga 60 kilometer per
jam, membawa 1.200-1.400 penumpang tanpa memblokade
jalan kendaraan
lain. Biaya pembangunan bus
sekaligus jalur
sepanjang 40 kilometer
hanya 500 juta yuan
atau sekitar Rp 682,6 miliar,
hanya 10 persen
daripada ongkos
yang diperlukan untuk pembuatan subway dengan panjang jalur yang sama.
Tak hanya ramah lingkungan, bus ini juga diklaim dapat mengurangi
kemacetan hingga 20-30 persen.
-
Song Youzhou,
Kepala Shenzhen Hashi Future Parking Equipment Co, menyatakan bus berkaki ini adalah transportasi
umum yang ramah lingkungan bila dibandingkan dengan 4
tipe kendaraan umum di Cina lainnya, yaitu subway,
light-rail train
atau trem,
bus rapid transit
(BRT),
dan bus biasa.
“Masing-masing tipe memiliki kelebihan dan kelemahan,”
kata Song Youzhou. “Subway,
misalnya, membutuhkan dana besar
dan pembangunannya lama,
sedangkan BRT mengambil
alih jalan
dan menciptakan polusi udara
maupun suara
karena amat bising.”
-
Sebagai calon
pengganti BRT dan subway di masa depan, bus
berkaki ini mengkombinasikan kelebihan BRT sekaligus menghemat
ruang jalan yang ada. Tinggi bus
juga disesuaikan dengan tinggi jembatan (overpass) di Cina, sekitar 4,5-5,5
meter. “Inovasi bus
berkaki ini adalah dia berjalan di
atas mobil dan di
bawah jembatan,” ujarnya. “Kelebihan terbesarnya
adalah tidak mengurangi lebar
jalan, efisien dan kapasitasnya tinggi. Bus ini juga memangkas
kemacetan 25-30 persen di rute utama. Dengan kecepatan
rata-rata 40 km/jam,
bus dapat mengangkut 1.200 orang,
atau 300 penumpang
per gerbong.”
-
Keunggulan lain bus berkaki ini adalah masa
konstruksi yang singkat, hanya setahun untuk membangun
rute sepanjang 40 km. Bandingkan dengan waktu
pembangunan jalur subway
sepanjang 40 km,
yang membutuhkan sedikitnya 3 tahun.
Bus ini juga tak memerlukan lahan parkir besar seperti bus
biasa. Bus cepat 3D dapat
diparkir di tempat pemberhentiannya tanpa mempengaruhi lalu lalang mobil lain. Interiornya pun
dirancang dengan skylight besar untuk menghilangkan perasaan depresi
ketika penumpang memasuki bus.
-
Rencana pengoperasian
bus ini memperoleh dukungan kuat dari Zhang Wenbo, Direktur
Science and Technology Committee, di Distrik Mentougou, Beijing. Dia
mengatakan bus itu sejalan dengan konstruksi distrik
tersebut sebagai sebuah area ekologi hijau
yang membutuhkan transportasi efisien,
biaya murah,
serta rendah polusi dan karbon. “Bus itu dapat meningkatkan
tingkat pemanfaatan lahan dan kapasitas transportasi jalan,
sekaligus memulihkan kemacetan transportasi publik di kota
besar,” kata Zhang. (Sumber: Tempointeraktif).
http://iwandahnial.wordpress.com/2011/02/11/bus-berkaki-di-bawahnya-bisa-dilewati-kendaraan-lain-the-chinese-bus-that-solves-traffic-jams-by-letting-you-drive-underneath-it/
-
woee itu tugas softskill
BalasHapusiseng aja broo ...
BalasHapus