Minggu, 30 Juni 2013

INOVASI

KOMUNIKASI
Reka baru (bahasa Inggrisinnovation) dapat diartikan sebagai proses dan/atau hasil pengembangan pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan (terutama ekonomi dan sosial).

Manusia adalah makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak mungkin dapat berdiri sendiri tanpa ada manusia yang lainnya. Sosialisasi, sosialisasi merupakan hal yang penting dalam kehidupan bermasyarakat. Sosialisasi juga berarti komunikasi. Tanpa adanya komunikasi proses sosialisasi tidak akan bisa berjalan dengan baik. adanya komunikasi antar sesama manusia Manusia memerlukan beragam informasi untuk dapat menjalani hidup lebih baik dari sebelumnya, dan manusia juga perlu menjalin suatu hubungan dengan manusia lain demi tercapainya kebahagiaan, kesejahteraan,dsb.

 Dari apa yang kita lakukan akan tersirat sebuah pesan untuk diri kita sendiri maupun orang lain. oleh karena itu, komunikasi tidak akan pernah bisa terlepas dari kehidupan seseorang.

 Perkembangan teknologi komunikasi tak akan pernah bisa berhenti. Perkembangan ini terjadi sejak zaman dahulu hingga saat ini. ada empat era perkembangan teknologi komunikasi, yaitu:

1.      Era Komunikasi Tulisan
2.      Era Komunikasi Cetak
3.      Era Komunikasi Telekomunikasi
4.      Era Komunikasi Interaktif

1.     Komunikasi Tulisan
Berawal dari orang-orang Sumerians yang menggunakan tanah liat untuk menulis sebagai sarana komunikasi satu dengan yang lainnya. Dilanjutkan dengan bangsa China yangmenemukan alat pencetak buku pada 1041 SM, lalu pada 1241 korea menemukan alat pencetak huruf yang  terbuat dari tanah liat kedalam sebuah logam.
Era komunikasi tulisan:
Tulisan ini memiliki namatulisan paku, karena bentuknya yang menyerupai paku. Pada  4000 SM bangsa Sumeria menulis dalam selembaran tanah liat  yang digoresi menggunakan batu maupun karang yang keras dan memiliki ujung yang tajam.
Pada 868 M, di Cina sudah ditemukan sebuah buku cetakan.
Dipertengahan abad ke-11, Pi Sheng seorang yang berkebangsaan Cina menemukan sejenis alat cetak buku yang sederhana, yang terbuat dari tanah yang tidak bisa bertahan lama.
Pada awal abad ke-15, orang-orang Korea menggunakan huruf cetak metal.


2.     Komunikasi Cetak


Setelah era komunikasi tulisan terus berkembang muncullah era komunikasi cetak. Pada saat itu, Gunternberg menciptakan sebuah mesin cetak. Menurut sejarah, pada zaman dahulu Gustenberg menciptakan mesin cetak ini hanya untuk mencetak injil saja dengan ruanglinkup yang sempit. Mengapa? Dikarenakan, pada saat itu belum begitu banyak orang yang bisa membaca.


Akan tetapi, seiring berjalannya waktu mesin cetak itu terus digunakan. Berawal pada 1833, ketika Bunyamin Day meluncurkan sebuah surat kabar New York Sun, yang digunakan secara masal, dan diteruskan pada 1839 oleh Daguerre untuk melakukan praktek photografinya yang akan digunakan dalam koran.


Dahulu, sebelum mesin cetak hadir dan terus berkembang, perkembangan informasi sangatlah lambat. Hal ini terjadi karena pada zaman dahulu, teknologi untuk memperbanyak cetakan buku dilakukan secara manual, hanya dilakukan dengan tangan manusia. Selain kemunculan mesin cetak di bumi ini, perkembangan media cetak juga didukung oleh meningkatnya tingkat kemampuan membaca seseorang serta memahami berbagai jenis informasi yang ada. Sebenarnya perkembangan teknologi percetakan atau komunikasi cetak sangat menentukan arah laju media cetak itu sendiri. Semakin maju perkembangannya, maka hasilnya pun tentu akan semakin baik




3.     Era Telekomunikasi


Era komunikasi telekomunikasi ini diawali dengan keberhasilan Samuel Morse dalam mengirimkan sebuah pesan melalui telegraf dari Baltimore ke Washington D.C pada 1844. Menurut BNET Business Dictionary tahun 2008, media elektronika yang digunakan untuk berkomunikasi antar individu dan kelompok disebut dengan Teknologi komunikasi. Teknologi komunikasi  mempermudah manusia untuk berkomunikasi. Kini setiap orang dapat berkomunikasi dengan menggunakan beragam media seperti e-mail, pesan singkat,fax, radio, televise, dll.



4.     Era Komunikasi Interaktif


Pada era ini muncul sebuah teknologi komunikasi yang sering kita sebut dengan komputer mainframe. Komputer mainframe ini diciptakan di Universitas Pennylvania. Kemudian diteruskan dengan terciptanya sebuah transistor tipe solid-stated oleh William Shockley dan John Bardeen,Walter Brattain di Laboratorium Bell. Tidak hanya itu, sebuah satelit juga berperan penting dalam pendaratan manusia di bulan.


Di zaman yang serba modern ini, istilah internet sudah tidak asing lagi kita dengar. Dengan menggunakan internet manusia dapat mencari dan menemukan segala informasi lewat media yang satu ini. Selain mencari informasi, internet juga dapat kita gunakan untuk menjalin hubungan dengan orang lain, lewat jejaring social yang saat ini sudah banyak kita gunakan.



Perkembangan teknologi komunikasi sangatlah pesat. Hal itu disebabkan karena pemikiran kreatif dan kritis seseorang yang semakin pesat pula. Dengan adanya perkembangan sumber daya manusia tersebut, mereka dapat mengembangkan ilmu teknologi komunikasi lebih luas dan lebih kreatif lagI.


REF:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar